Geopark Nasional Merangin, Taman Bumi Warisan Dunia di Jambi - indephedia.com

Header Ads

Geopark Nasional Merangin, Taman Bumi Warisan Dunia di Jambi



INDEPHEDIA.com - Geopark Nasional Merangin berada di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, dan memiliki luas 1.699 km2, yang mencakup 9 kecamatan, yaitu Kecamatan Renah Pembarap, Sungai Manau, Bangko Barat, Bangko, Jangkat, Lembah Masurai, Jangkat Timur, Pamenang Barat dan Tabir.

Di geopark ini ditemukan distribusi yang luas dari Jambi, fosil flora berusia 290 juta tahun. Fosil itu menyatakan kalau tanah tua Merangin menjadi bukti penyebaran flora Cathaysian, dan menjadi acuan dalam setiap rekonstruksi pergerakan lempeng.

Geopark Nasional Merangin Jambi telah menjadi bagian dari agenda atau Program Imt-Gt (Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle) Tahun 2017-2019 dan sudah masuk dalam penilaian UNESCO.

Sebagai upaya memperkenalkan objek wisata taman bumi itu lebih dekat kepada masyarakat dan wisatawan, pemerintah daerah setempat untuk pertama kalinya tahun 2017 menyelenggarakan Festival Pesona Geopark Jambi yang diisi dengan berbagai kegiatan dan lomba.

Selain pesona alamnya, di kawasan Geopark (taman bumi) Merangin, wisatawan dapat menjajal arung jeram di sepanjang Sungai Batang Merangin. Arus dan medannya cukup menantang, cocok sebagai uji nyali melepas penat.

Menurut peneliti Geopark Global Network (GGN), Mr Komo, dari Malaysia, Geopark Nasional Merangin ini tiada duanya di dunia. Dulu, kawasan Geopark Merangin ini ada di enam kabupaten dalam Provinsi Jambi. Namun, setelah tim GGN datang melakukan penilaian untuk pengakuan UNESCO, Geopark Merangin menjadi warisan dunia lokasinya diperkecil hanya di Kabupaten Merangin. (WS.IN/MRG/*)

No comments