Barang-barang Kuno Ditemukan Arkeolog di Kawasan Candi Muarojambi

 
Situs Kawasan Candi Muarojambi, Provinsi Jambi.
Untuk mangkok, ada dua kemungkinan kegunaannya di masa lampau, sebagai tempat untuk makan atau sebagai wadah air suci. Sedangkan, botol berukuran kecil yang disebut peneliti berupa bulih-bulih bisa saja untuk wadah obat maupun wangi-wangian.

INDEPHEDIA.com - Tim arkeologi menemukan dua mangkok keramik dan satu botol berukuran kecil yang disebut bulih-bulih, di struktur bata menapo Ujung Tanjung II Situs Kawasan Candi Muarojambi, Provinsi Jambi.

Penemuan benda kuno itu dalam penelitian yang dilakukan selama 16 hari, tepatnya tanggal 26 Maret 2019 hingga 10 April 2019.

Untuk mangkok, ada dua kemungkinan kegunaannya di masa lampau, sebagai tempat untuk makan atau sebagai wadah air suci. 

Sedangkan, botol berukuran kecil yang disebut peneliti berupa bulih-bulih bisa saja untuk wadah obat maupun wangi-wangian.

Dalam penelitian yang kedua ini, peneliti juga menemukan barang yang sama saat penelitian 2018 silam.

Temuan sebelumnya itu, yakni sebuah benda logam seperti obeng dua sisi, yang sisi kanan gepeng, sementara sisi kirinya runcing. 

Barang-barang kuno itu ditemukan ketika tim arkeologi melakukan penggalian sedalam dua meter.

Selain itu, tim juga menemukan jalur tambahan dari penelitian tahun sebelumnya. Di awal temukan ada 4 jalur, kemudian sekarang total temukan 14 jalur. 

Sementara itu, untuk lapisan batanya juga bervariasi, ada dua lapis bata. Paling banyak ada 11 lapis bata dan di bawah ada bata lagi, yang susunannya berbeda. (SJ.IN/*)
Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top