Tujuh Macam Obat Alami Terbukti Ampuh Hilangkan Flek Paru

 


INDEPHEDIA.com - Flek paru istilah umum yang digunakan untuk menyebut penyakit tuberkulosis atau TBC. Penyebab utamanya bakteri Mycobacterium tuberculosis yang tahan terhadap asam.

Gejala yang ditimbulkan, seperti batuk berdahak lebih dari tiga minggu, demam, penurunan berat badan, hingga hilang nafsu makan. Pengobatannya menggunakan obat khusus yang disebut OAT (Obat Anti Tuberkulosis) yang harus diminum selama 6 bulan.

Selain harus konsumsi banyak makanan yang bernutrisi, penderita flek paru juga wajib menjalani pengobatan secara intensif jika ingin penyakitnya sembuh total. Nah, sembari melakukan rawat jalan, beberapa asupan alami dan tradisional ini bisa dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan flek paru.

1. Penyembuhan dengan Bunga Sepatu

Bunga sepatu mengandung berbagai senyawa seperti flavonoid, cyanidin diglucoside, taraxeryl acetate, saponin, polifenol, tanin, hibisetin, Ca-oksalat, dan peroxidase untuk melemahkan bakteri TBC.

Cuci bersih 3 kuntum bunga sepatu, tumbuk hingga benar-benar halus. Masukkan tumbukan bunga sepatu tadi dengan 100 ml air panas, tambahkan sedikit garam. Minum ramuan yang sudah disaring terlebih dahulu sebanyak tiga kali sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

2. Penyembuhan dengan Daun Pegagan

Senyawa asiaticoside yang terbuat dari tanaman daun pegagan tidak hanya bisa menghambat pertumbuhan bakteri TBC, tapi juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Resepnya mudah, cuci 30-60 gram pegagan segar, lalu rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa satu gelas, minum ramuan ini tiga kali sehari.

Selain itu, kamu juga bisa meramunya dengan cara lain, yaitu campurkan 1 genggam daun pegagan bersama 7 lembar daun kapuk atau randu dan 1 gelas gula batu ke dalam air rebusan secukupnya. Lalu air rebusan disaring dan diminum.

3. Penyembuhan dengan Sambiloto

Sambiloto yang pahit itu punya sifat antibakteri, antivirus, dan antiparasit yang membuatnya mampu menyembuhkan penyakit infeksi.

Cara meramunya, keringkan terlebih dahulu daun sambiloto. Tumbuk halus daun sambiloto kering tersebut lalu campurkan dengan sedikit madu dan air. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi ramuan ini 2-3 kali dalam sehari.

4. Penyembuhan dengan Buah Ciplukan

Buah ciplukan mengandung senyawa aktif seperti saponin, flavonoid, polifenol, dan fisalin yang sangat baik untuk pengobatan flek paru.

Cara meramunya mudah, cukup dengan merebus tanaman buah ciplukan sampai benar-benar matang lalu ambil airnya untuk dikonsumsi minimal 2-3 kali sehari. Sebelum merebusnya, pastikan buah ciplukan sudah kamu cuci di bawah air mengalir, ya!

5. Penyembuhan dengan Bawang Putih

Bawang putih kaya akan kandungan asam sulfur, allicin, dan ajoene yang mampu menghambat perkembangan bakteri. Bawang putih boleh dimakan mentah atau dimasak dulu.

Cara mengonsumsi bawang putih yang dimasak, yakni campurkan 1/2 sendok teh bawang putih cincang, 1 cangkir susu, dan 4 cangkir air putih. Didihkan hingga takarannya menjadi 1/4 dari ukuran semula. Minumlah campuran ini tiga kali sehari.

Tuangkan 10 tetes jus bawang putih ke dalam segelas susu panas dan minumlah sebelum tidur malam. Jangan minum air setelahnya, karena bisa menghilangkan efek dari bawang putih.

Rebus 10 butir bawang putih cincang bersama 1 cangkir susu. Makanlah cincangan bawang putihnya terlebih dulu, baru setelah itu minum susunya. Lakukan ini setiap hari selama beberapa bulan.

6. Penyembuhan dengan Buah Nanas

Buah nanas kaya akan serat dan vitamin C yang ampuh membersihkan dan mengurangi pembentukan lendir serta memberikan pemulihan lebih cepat.

Selain meminum jus nanas rutin setiap hari, bisa juga kamu konsumsi daun nanas dengan cara: siapkan 15-30 gram daun nanas yang telah dicuci terlebih dahulu, lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas air yang disaring, minumlah dua kali setiap hari.

7. Penyembuhan dengan Lada Hitam

Lada hitam pun bisa membantu membersihkan paru-paru sehingga meringankan gejala nyeri dada pada pasien TBC dengan kemampuan antiinflamasinya.

Cara meramunya, goreng 8-10 butir lada hitam dengan mentega. Tambahkan sejumput bubuk asafetida dan biarkan sampai dingin. Pisahkan menjadi tiga bagian yang sama rata lalu konsumsilah satu per satu setiap beberapa jam sekali.

Demikian cara-cara penyembuhan dengan bahan obat-obatan alami yang INDEPHEDIA.com rangkum dan mengutipnya dari beberapa sumber. Cara-cara alami dan tradisional di atas cocok untuk flek paru dengan level yang ringan.

Jika kamu masih mengonsumsi obat-obatan dari dokter, beri jeda waktu beberapa jam antara konsumsi obat medis dengan obat-obatan tradisional ini. Selain itu, baiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu ya sebelum mengonsumsi obat-obatan tradisional ini. Semoga membantu dan bermanfaat! (SBB.IN/*)
Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top