Cara Mudah Meningkatkan Engagement Pengguna di Situs/Blog

 
Dengan melakukan pemantauan terhadap konten, Anda akan melihat apa yang menarik perhatian pengguna, apa yang diabaikan, dan apa yang menyebabkan orang pergi meninggalkan situs/blog Anda.



INDEPHEDIA.com - Kunci kesuksesan situs, baik bagi pemilik atau pelaku bisnis maupun blogger adalah menawarkan konten, produk, atau layanan menarik.

Dengan melakukan pemantauan terhadap konten, Anda akan melihat apa yang menarik perhatian pengguna, apa yang diabaikan, dan apa yang menyebabkan orang pergi meninggalkan situs/blog Anda.

Untuk mengukur engagement pengguna dapat Anda lakukan dengan sejumlah cara, di antaranya memulai dengan hipotesis dan pengujian serta terus pantau rasio pantulan. 

Engagement adalah alat tolak ukur yang digunakan untuk melihat tingkat keterlibatan audiens pada upaya sosial media untuk bisnis online. 

Engagement istilah yang kerap juga dimaknai sebagai tingkat interaksi terhadap konten di media sosial. 

Apabila Anda ingin meningkatkan metrik kunjungan halaman, Anda dapat menjalankan pengujian dengan menambahkan link ke bagian akhir artikel yang akan mengarahkan pengguna ke konten lain yang mungkin mereka sukai. 

Kemudian, Anda dapat menggunakan alat, seperti Google Optimize untuk menyiapkan pengujian A/B secara cepat, dan melihat konten, pesan, atau pengalaman lain mana yang paling menarik (dan menyenangkan) bagi pengguna/pelanggan.

Bilamana analisis Anda menunjukkan salah satu dari halaman Anda memiliki banyak traffic, tetapi rasio pantulannya tinggi, penyelidikan lebih lanjut mungkin diperlukan. 

Misalnya, Anda mungkin perlu mempercepat waktu muat halaman, atau menyederhanakan navigasi halaman Anda. 

Pastikan Anda memeriksa masalah satu per satu, menguji perubahan berulang kali, dan mengukur dampaknya selama penayangan.

Dengan demikian Anda akan mendapatkan solusi mengapa waktu muat halaman lambat alias lemot maupun kunjungan ke situs/blog Anda sedikit.

Sementara, untuk mengukur engagement pengguna dapat dilakukan dengan sejumlah cara, antara lain rasio pantulan, waktu di situs (lama kunjungan), jumlah kunjungan halaman, komentar atau membagikan dan persentase pengunjung yang kembali. 

Untuk mengukur metrik engagement pengguna ini (dan metrik yang lain) terhadap situs Anda, Anda harus menerapkan analisis situs terlebih dahulu, salah satu dengan Google Analytics.

Demikian cara meningkatkan engagement pengguna di situs/blog. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (SBB/IND)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top