VPN: Pengertian, Cara Kerja dan Keuntungan Menggunakannya

 
VPN menyembunyikan informasi pribadi Anda, mengenkripsi traffic internet, dan memungkinkan Anda mengakses konten yang hanya bisa diakses di wilayah tertentu.



INDEPHEDIA.com - VPN (Virtual Private Network), yang dalam bahasa Indonesia berarti Jaringan Pribadi Virtual, salah satu solusi paling umum untuk melindungi privasi dan keamanan dalam berinternet.

Layanan VPN ini umumnya mudah disiapkan dan digunakan di semua komputer dan perangkat mobile yang bersambung ke internet.

Pengertian dan Keunggulan VPN

VPN atau Virtual Private Network adalah sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan tertentu, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi.

Dengan VPN, Anda bisa mengubah lokasi virtual Anda dan membuka internet  yang biasanya hanya bisa diakses di wilayah tertentu, umumnya di luar negeri.

Keunggulan dari VPN ini, di samping dalam hal privasi dan keamanan juga memungkinkan Anda mengakses lebih banyak konten di internet. 

Artinya, VPN menyembunyikan informasi pribadi Anda, mengenkripsi traffic internet, dan memungkinkan Anda mengakses konten yang hanya bisa diakses di wilayah tertentu.

Cara Kerja VPN

Cara kerja VPN, yakni dengan membuat "terowongan terenkripsi" yang menghubungkan antara perangkat Anda dan server VPN jarak jauh. 

Setelah terhubung, lalu lintas jaringan dari perangkat Anda dirutekan melalui terowongan ini, dan karena itu dikaburkan dari pengamat atau operator jaringan mana pun. 

Server VPN jarak jauh akan merutekan lalu lintas ke tujuan akhirnya di Internet, baik aplikasi atau situs yang Anda sambungkan, yang akan melihatnya berasal dari server aman ini. 

Jadi, ISP (Internet Service Provider) atau perusahaan yang menyediakan layanan internet ke pengguna dengan cara berlangganan, tidak akan tahu situs/website apa yang Anda buka. 

ISP hanya tahu bahwa Anda terhubung ke VPN, dan traffic tereknripsi diteruskan dari perangkat Anda ke suatu server. 

Keuntungan Menggunakan VPN

Dari pengertian, keunggulan dan cara kerjanya, keuntungan menggunakan VPN yang Anda dapatkan, yaitu VPN akan menjaga privasi, meningkatkan keamanan dan memberikan kebebasan berinternet.

Bagi Anda yang mengutamakan privasi, keamanan, dan kebebasan saat membuka internet, VPN adalah tool yang sangat tepat Anda gunakan.

Tapi, meski ada beberapa layanan VPN gratis namun hal tersebut tidak begitu direkomendasikan, karena sering menyimpan log aktivitas online Anda atau mengandung malware. 

Agar sesuai dengan penggunaan VPN untuk menjaga privasi, meningkatkan keamanan dan kebebasan berinternet, Anda disarankan gunakan layanan VPN berlangganan alias berbayar, seperti NordVPN, ExpressVPN, Surfshark maupun lainnya. 

Selain itu, VPN dari Google One misalnya, juga menyediakan untuk semua anggota Google One yang berlangganan paket Premium 2 TB di 20+ negara. 

Apabila Anda pengguna Pixel 7 dan Pixel 7 Pro juga akan memiliki akses ke VPN dari Google One di perangkat tersebut tanpa biaya tambahan. 

Mereka pengguna Pixel 7 dan Pixel 7 Pro dapat mengaktifkan VPN dari Google One melalui aplikasi Google One bahkan tanpa keanggotaan Google One. (*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top