Clíodhna, Dewi Cinta dalam Mitologi Irlandia

 


INDEPHEDIA.com - Clíodhna adalah dewi yang berasal dari mitologi Irlandia. Terkadang Dewi Cliodhna digambarkan sebagai “Banshee” atau bahkan “Queen of the Banshees” (biasanya diterjemahkan menjadi peri). 

Selain menjadi ratu peri, ia juga dinobatkan menjadi dewi cinta, mungkin karena Clíodhna dianggap sebagai wanita paling cantik di dunia dalam mitologi ini.

Clíodhna dikatakan memiliki tiga burung berwarna cerah yang memakan apel dari pohon dunia lain dan nyanyian manisnya menyembuhkan orang sakit. 

Tidak seperti banyak dewa cinta lain, Clíodhna disebut tetap suci, menjaga cintanya terkunci sampai dia bertemu dengan Ciabahn dalam sebuah pertemuan yang tak terduga. 

Ciabahn dikisahkan menjadi salah satu pria tertampan yang pernah ada di Bumi. Clíodhna sangat mencintainya sampai-sampai ia rela meninggalkan Tir Tairngire, yaitu tanah para dewa, untuk bersama Ciabahn.

Naasnya, begitu dewa-dewa lain tahu tentang kepergian Clíodhna, mereka berkonspirasi untuk mengembalikannya kembali ke dunia para dewa. 

Sewaktu Ciabahn pergi, Clíodhna ditidurkan dengan alunan lagu seorang penyanyi. Kemudian muncullah gelombang dari dewa-dewa yang membawanya kembali ke dunia para dewa yang disebut Tir Tairngire. 

Gelombang itu disebut sebagai “Clíodhna’s Waves” atau “gelombang Clíodhna.” Tapi versi lain mengatakan, gelombang itu tidak berhasil membawanya ke dunia dewa, tapi malah membuatnya jatuh tenggelam di laut. (*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top