Yue Lao, Dewa Cinta dalam Mitologi China

 


INDEPHEDIA.com - Yue Lao atau yang dikenal sebagai “The Man under The Moon,” adalah tokoh populer dalam mitologi China. 

Yue Lao atau orang tua di bawah rembulan ini bertugas sebagai mak comblang dan pengawas pernikahan heteroseksual.

Dalam mitologinya, dia yang menghubungkan benang merah takdir percintaan. Ia muncul sebagai seorang kakek di bawah rembulan.

Yue Lao sering dianggap sebagai dewa kebajikan, karena ia mengikat hati dua orang bersama-sama dalam cinta dan pernikahan. 

Dengan benang merah yang tak terlihat, dewa perjodohan yang berwujud lelaki tua berjenggot putih ini mengikatkan antara lelaki dan perempuan sesuai jodohnya.

Di Taiwan, terdapat Kuil Dewa Cinta. Kuil yang berada di Taipei ini banyak dikunjungi orang setiap harinya. Pada hari Valentine jumlahnya bisa melonjak berkali lipat. 

Pasangan yang berhasil hingga ke jenjang pernikahan biasanya akan kembali ke kuil dengan membawa sekotak kue pernikahan untuk persembahan. (*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top