Sejarah Bangsa Persia dan Kaitannya dengan Indonesia

 
Peninggalan Kekaisaran Persia (Sumber Foto: Wikipedia)

INDEPHEDIA.com - Nama Bangsa Persia turut mewarnai sejarah dunia, bahkan di Indonesia, di masa kerajaan-kerajaan kuno. 

Di Indonesia sendiri, nama Persia, di antaranya dikaitkan dengan kedatangan para pedagangnya dan penyebaran agama Islam.

Selain perdagangan dan penyebaran agama, bahasa dan kosakata Persia ternyata ada juga yang turut mempengaruhi beberapa kosakata dalam bahasa Indonesia. 

Di mana Bangsa Persia?

Persia atau Farsi salah satu suku yang tergolong dalam Bangsa Iran, menggunakan bahasa Persia dan juga mempunyai persamaan dalam kebudayaan dengan bangsa Iran yang lainnya. 

Bangsa ini mayoritas di Iran dan minoritas di beberapa negara-negara lain, seperti Amerika Serikat, Kuwait, Turki, Uni Emirat Arab, Irak dan beberapa negara di Timur Tengah. 

Sejarah Bangsa Persia

Menurut sejarahnya, etnis Persia keturunan Bangsa Arya yang berhijrah dari Asia Tengah ke Iran pada milenium kedua sebelum Masehi (SM).

Seiring perkembangan, Bangsa Arya terpecah menjadi dua, yakni bangsa Persia dan bangsa Media. Mereka berasimilasi dengan suku-suku setempat seperti Elam.

Dari asimilasi tersebut muncullah bahasa Persia dan bahasa-bahasa Iran lain. Bahasa Persia salah satu bahasa tertua di dunia yang masih ada sampai hari ini. 

Bahasa ini tergolong dalam keluarga bahasa Indo-Eropa dan merupakan bahasa resmi di Iran. Sumber sejarah tertulis pertama mengenai orang Persia dari Prasasti Assyria (834 SM).

Di dalam prasasti itu tertulis tentang orang Parsua (Persia) dan Muddai (Media). Saat itu, orang Asyur menggunakan istilah 'Parsua' untuk merujuk kepada suku-suku di Iran. 

Kemudian, orang Yunani mengadaptasikan istilah ini untuk merujuk pada peradaban-peradaban dari Iran. 

Ketika orang Persia memeluk agama Islam, kawasan Persia diperintah oleh beberapa kerajaan yang berbentuk kekaisaran.

Kekaisaran Iran rangkaian monarki-dinasti yang berpusat di Persia/Iran dari masa Kekaisaran Akhemeniyah pada abad keenam sebelum masehi sampai Dinasti Qajar pada abad 20 Masehi. 

Kekaisaran-kekaisaran tersebut, antara lain kekaisaran Persia, seperti Akhemeniyah, Parthia, Sassania, Buwaihidah dan Samania. 

Kekaisaran yang pernah memerintah Persia, di antaranya Seleukus, Ummayyah, Abbasiyyah, Turki Seljuk, Afshariyah dan Qajar. (*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top