Destinasi Wisata, Bangka Selatan Kembangkan Potensi Pariwisata Desa - INDEPHEDIA.com

Header Ads

Destinasi Wisata, Bangka Selatan Kembangkan Potensi Pariwisata Desa

Pantai Batu Perahu di Toboali, Bangka Selatan

Pola yang akan diterapkan dalam mengembangkan semua potensi pariwisata adalah dengan cara melibatkan pemerintah desa dalam melakukan pengembangannya.

BABEL, INDEPHEDIA.com -
Pada tahun 2019, Disparpora Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan mengembangkan potensi pariwisata desa guna menambah pilihan destinasi wisata yang ada di daerah ini.

"Destinasi di seluruh lokasi rencananya akan dikembangkan. Dikarenakan masing masing desa memiliki daya tarik dan pengembangan potensi pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Haris Setiawan di Toboali, seperti dikutip Senin (21/1/2019).

Ia mengatakan, pola yang akan diterapkan dalam mengembangkan semua potensi pariwisata adalah dengan cara melibatkan pemerintah desa dalam melakukan pengembangannya. "Tidak hanya mengandalkan pemerintah pusat dan daerah, kami juga melibatkan desa dalam mengembangan destinasi yang ada di desa," katanya.

Menurutnya, pengembangan destinasi pariwisata di fokuskan pada tiga hal, yakni pengembangan aksesibilitas, pengembangan atraksi wisata dan sarana prasarana serta pengembangan SDM.

Hal yang ingin dicapai dari pengembangan destinasi adalah dapat memberikan pelayanan kepada para wisatawan sehingga dengan kunjungan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar destinasi.

"Sejauh ini beberapa destinasi di desa sudah mulai dikunjungi oleh para wisatawan dan memang masih ada beberapa yg belum memiliki sarana pasarana seperti toilet, musola,  tempat parkir, sehingga hal ini akan menjadi prioritas," katanya.

Selain fokus mengembangkan potensi pariwisata desa yang ada di Kabupaten Bangka Selatan, Disparora juga akan menyelenggarakan event pariwisata dan pengembangan di bidang pengembangan kepemudaan dan olah raga.

Kabid Destinasi, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan, Hefi Nuranda mengatakan pengembangan akan difokuskan dan dimulai dari destinasi yang paling potensial.

"Pengembangan destinasi akan kami mulai dari lokasi yang paling potensial, misalnya seperti kawasan pesisir kelurahan Tanjung Ketapang," katanya. (***)
loading...

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).