Kunjungan Wisatawan Rusia Terdongkrak dari Penerbangan Langsung Moskow-Denpasar

 
Kedatangan wisatawan mancanegara di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali.

Indonesia termasuk negara yang paling instagrambale menempati urutan ke-4 dunia, posisi ke-6 paling cantik versi Rough Guide, dan negara paling aman di urutan ke-9 untuk solo traveler versi Global Peace Index.

RUSIA, INDEPHEDIA.com - Adanya penerbangan dari bandar udara (Bandara) langsung Moskow-Denpasar berhasil mendongkrak kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia naik 6,95 persen dari 117.500 orang pada tahun 2017 menjadi 125.700 orang tahun 2018.

"Hal ini tidak terlepas dari upaya berbagai pihak, termasuk tour operator, agen wisata, media dan perusahaan penerbangan, dalam mempromosikan destinasi wisata Indonesia kepada masyarakat Rusia," ujar Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus M. Wahid Supriyadi, pada acara Indonesian Tourism Update di Wisma Duta KBRI Moskow, Selasa (12/2/2019).

Sementara, Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana mengatakan, pertemuan yang diselenggarakan atas kerja sama KBRI Moskow dengan salah satu tour operator terbesar di Rusia, Coral Travel ini, dihadiri puluhan pihak.

"Pertemuan itu dihadiri oleh lebih kurang 30 agen wisata Rusia, wartawan, VITO (Visit Indonesia Tourism Office), serta perwakilan dari maskapai penerbangan Qatar Airways," kata Enjay Diana, di Moscow, Rabu (13/2/2019).

Menurut Dubes Wahid, dibukanya penerbangan langsung Moskow-Denpasar oleh maskapai penerbangan Rusia, Rossiya Airlines pada 28 Oktober 2018 menjadi salah satu faktor penting bagi peningkatan wisatawan Rusia ke Indonesia.

Penerbangan langsung tersebut menjadi moda perjalanan alternatif yang nyaman bagi wisatawan Rusia dengan waktu tempuh yang tidak terlalu lama, yaitu sekitar 12 jam.

Dubes Wahid mengakui, alasan Indonesia layak dikunjungi wisatawan asing, termasuk dari Rusia. Mengutip Big 7 Media, Indonesia termasuk negara yang paling instagrambale menempati urutan ke-4 dunia, posisi ke-6 paling cantik versi Rough Guide, dan negara paling aman di urutan ke-9 untuk solo traveler versi Global Peace Index.

Indonesia, bahkan menempatkan tiga pulaunya sebagai pulau paling cantik di dunia, yaitu Jawa di urutan ke-1, Bali pada posisi ke-2, dan Lombok di nomor ke-3 versi Travel and Leisure.

Sementara itu, perwakilan Coral Travel menyampaikan pada periode Oktober 2018-Januari 2019 pihaknya berhasil menjual paket wisata ke Indonesia dua kali lipat dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Untuk tahun ini, Coral Travel berharap dapat meningkatkan penjualan paket wisata Indonesia dari tahun lalu yang berjumlah lebih dari 1000 paket wisata. Coral Travel juga berharap pihaknya dapat melanjutkan kerja sama dengan KBRI Moskow untuk mempromosikan destinasi Indonesia di Rusia.

Upaya mendorong peningkatan wisatawan Rusia ke Indonesia dilakukan dengan berbagai program kegiatan KBRI Moskow yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Indonesia, seperti sales mission, joint promotion program, partisipasi pada pameran pariwisata, familirization trip, serta penyelenggaraan Festival Indonesia di Moskow.

Festival Indonesia yang diselenggarakan KBRI Moskow sejak tahun 2016, menjadi platform bagi promosi perdagangan, pariwisata dan investasi, serta meningkatkan people to people contact antara Indonesia dengan Rusia.

Tahun 2018, pengunjung Festival Indonesia ke-3 mencapai 135.000 orang dan untuk penyelenggaraan festival ke-4 yang akan diadakan pada tanggal 1 sampai 4 Agustus 2019, KBRI Moskow menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 140.000 orang. (WS/R-02)


Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top