Museum Balaputra Dewa, Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan - INDEPHEDIA.com

Header Ads

Museum Balaputra Dewa, Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan


Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan ini dibangun pada tahun 1978 dan diresmikan pada 5 November 1984.

INDEPHEDIA.com - Jika anda akan atau sedang berada di Kota Palembang, jangan pula tidak menyempatkan mengunjungi Museum Negeri  Provinsi Sumatera Selatan “Balaputera Dewa”, beralamat di Jl. Sriwijaya I No. 288 Km. 5,5, Sukaramai, Palembang 30139.

Dengan luas 23.565 meter persegi, Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan ini dibangun pada tahun 1978 dan diresmikan pada 5 November 1984. Museum yang dulu dikenal dengan Museum Balaputra Dewa ini dikelola Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sumatera Selatan.

Musem tersebut dibangun dengan arsitektur tradisional Palembang. Di dalamnya terdapat sekitar 3.800 koleksi, terdiri berbagai macam jenis koleksi yang diklasifikasikan menjadi 10 jenis, di antaranya Geologika, Biologika, barang-barang tradisional Palembang, ofset binatang dari berbagai daerah di Sumatera Selatan dan beberapa miniatur rumah di pedalaman.

Selain itu, terdapat pula replika prasasti dari arca kuno yang pernah ditemukan di Bukit Siguntang. Koleksi arkeologi Museum Negeri Provinsi Sumsel ini dapat diklasifikasikan menjadi tiga periodisasi masa, yakni masa pra sejarah, masa pra Sriwijaya dan masa Sriwijaya. (JS.IN/R-01)

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).