-->

Alat Musik Gamelan untuk Terapi Kejiwaan

 


INDEPHEDIA.com - Semua pasti sudah tahu kalau Gamelan alat musik tradisional khas Indonesia yang berasal dari Jawa. Alat musik Gamelan sering dipakai untuk mengiringi pertunjukan pada acara-acara adat dan upacara sakral.

Tidak demikian halnya di Inggris, gamelan berubah fungsi menjadi sebuah pertunjukan musik untuk terapi. Bunyi yang khas dan pendekatan yang tidak formal dengan musik lainnya membuat gamelan mempunyai daya tarik tersendiri.

“Gamelan cukup bagus untuk melatih mereka berteman, mempunyai latar belakang baru, mempunyai daya ingat yang kuat, dan lepas dari kondisi sulit,” ungkap Katherine Haigh, Direktur Eksekutif Good Vibrations, sebuah badan amal yang menggagas ide gamelan dijadikan terapi.

Menurut Katherine yang belajar gamelan sejak kuliah pada 1998 di York of University ini, gamelan telah dipergunakan untuk terapi kepada 4.000 narapidana selama 10 tahun.

Bunyi-bunyian unik yang keluar dari gamelan mampu membuat orang yang mendengarnya rileks. Bahkan, jika sudah bermain gamelan, seseorang akan keasyikan dan hal ini tentu saja dapat melepaskan kondisi sulit mereka. (SBB.IN/**)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

TOPIK

Back to Top