Ngarak dan Pencak Silat saat Sussun...
Ngarak dan Pencak Silat saat Sussung Maju Tayuh Bandakh Penyandingan, Kelumbayan, Tanggamus

Tari Balian, Seni Pengobatan Suku Dayak Kalimantan

 


Dewasa ini, selain untuk pengobatan, Wadian/Balian/Belian juga telah dikembangkan sedemikian rupa menjadi salah satu kesenian daerah yang dapat dinikmati sebagai sebuah atraksi seni yang menarik.

INDEPHEDIA.com - Tari Balian merupakan salah satu kesenian tradisional Suku Dayak di Pulau Kalimantan. 

Konon, dulu tarian ini digunakan dalam upacara adat untuk mengobati orang yang sakit parah. Tari Balian ini memiliki kaitan yang mistis dalam metode pengobatannya.

Wadian/Balian/Belian adalah upacara pengobatan pada Suku Dayak Bawo, Dusun, Maanyan, Lawangan, Benuaq dan Bukit. 

Suku-suku serumpun ini hidup bertetangga di sekitar wilayah perbatasan Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. 

Sedangkan, pada Suku Melayu pedalaman (Suku Melayu Petalangan/Suku Talang mamak) disebut Bulian.

Balian seringkali juga dipakai sebagai sebutan untuk orang yang mengobati (tabib) dalam upacara pengobatan tradisional Dayak.

Orang yang mengobati itu dinamakan Balian dalam berbagai dialek, seperti bolin (Dayak Pesaguan), boretn (Dayak Simpakng), baliatn (Dayak Jalai).

Dewasa ini, selain untuk pengobatan,
Wadian/Balian/Belian juga telah dikembangkan sedemikian rupa menjadi salah satu kesenian daerah. 

Kini, Balian dapat dinikmati sebagai sebuah atraksi seni yang menarik dan juga digunakan pada waktu upacara perkawinan yang biasa disebut Wurung Jue. (BD.IN/*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top