Keindahan Gunung Pelangi di Taman Zhangye Danxia National Geological Park China

 

Saat pertama kali Danaxia Landform diketahui khalayak melalui foto-foto yang beredar di dunia maya, banyak yang menganggap pola pelanginya hasil editan photoshop maupun rekayasa komputer. Namun, nyatanya gunung pelangi ini memang asli.

INDEPHEDIA.com - Fenomena aneh dan unik gunung pelangi dan warna-warni  (rainbow mountain) di China ini sempat menghebohkan dunia maya. 

Fenomena itu makin terungkap setelah berbagai tulisan dan video amatir menambahi fakta baru mengenai keberadaan tebing-tebing lengkung warna-warni di Kota Zhangye, di Provinsi Gansu, China tersebut.

The Zhangye Danxia Geological Park Nasional (China: 张掖 丹霞 国家 地质 公园), ini mencakup area seluas 510 kilometer persegi (200 sq mi). 

Sebelumnya, taman provinsi dan daerah pemandangan itu menjadi geopark nasional pada November 2011.

Gunung pelangi ini sangat menakjubkan karena bukit dan lembahnya terdiri dari lapisan warna merah, biru, hijau zamrud, coklat, dan kuning. 

Menariknya, di tempat itu tak ditemukan tumbuhan atau hewan apapun karena kondisi tanahnya yang tandus.


Menurut Telegraph, warna-warni menakjubkan perbukitan itu berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak periode Kapur, tepatnya 24 juta tahun lalu. 

Formasi batuan tersebut kemudian mengalami pergeseran lempeng tektonik yang juga membentuk pegunungan Himalaya.

Hujan dan angin yang menerpa daerah itu selama jutaan tahun juga ikut andil dalam membentuk ceruk, lembah, dan pola warna Zhangye Danxia. 

Konon, gunung ini akan menampilkan pola warna yang berbeda-beda, tergantung kondisi cuaca.

Keunikan dari gunung tersebut dengan cepat menjadi objek wisata yang populer bagi Kota Zhangye. 

Sejumlah trotoar dan jalan telah dibangun guna mendorong pengunjung menjelajahi formasi batuan yang menakjubkan itu

Pembangunan ini, utamanya setelah UNESCO telah menetapkannya dalam Daftar Warisan Dunia pada pertemuan ke-34 yang diadakan di Brasilia, ibu kota Brasil, pada tanggal 1 Agustus 2010.

Danaxia Landform pertama kali diketahui khalayak di berbagai belahan dunia melalui foto-foto yang beredar di dunia maya. 

Saat itu, banyak yang menganggap pola pelanginya hasil editan photoshop maupun rekayasa komputer. Namun, nyatanya gunung pelangi ini memang asli. 

Kini, tempat itu menjadi salah satu objek wisata paling dicari di China yang menghasilkan pendapatan cukup tinggi bagi penduduk Zhangye. (WS.IN/*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top