Tupping Lampung, Warisan Budaya Takbenda Indonesia

 


TUPPING LAMPUNG - Tupping (Topeng) merupakan topeng khas suku Lampung, yang masuk dalam Daftar Warisan Budaya Takbenda Indonesia tahun 2016, domain Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional.


 
Ada dua jenis topeng Lampung, yaitu Tupping dan Sekura. Tupping berkembang di daerah Kabupaten Lampung Selatan (Kuripan, Canti, dan Kesugihan). 

Sedangkan, Sekura terdapat di wilayah Kabupaten Lampung Barat (Belalau, Balik Bukit, Batubrak, Sukau, Kenali, Liwa) dan sekitarnya. 

Kedua jenis topeng ini sering digunakan dalam memeriahkan acara, seperti pesta adat Sekuran (Sekuraan), pementasan drama Tari Tupping, parade topeng hingga festival budaya. (FT.IN/*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
1 comment:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top