Mengatasi iPhone yang Selalu Lacak Lokasi Keberadaanmu

 


INDEPHEDIA.com - Ada baiknya diketahui kalau ada fitur yang tidak begitu dikenal di iPhone yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. 

Fitur ini selalu menyimpan histori tempat-tempat yang pernah kamu kunjungi, termasuk berapa kali satu tempat itu sudah kamu kunjungi.

Significant Locations atau lokasi-lokasi signifikan bisa kamu temukan di pengaturan ponsel. Tapi, untuk mengetahuinya memang agak sulit ditemukan. 

Hal ini apakah ada maksud tertentu atau tidak dari pembuatnya, Apple, belum ada yang tahu. Bahkan, fitur ini menyimpan informasi lebih rinci.

iPhone mengkompilasi lokasi untuk satu alamat dan pelacakan ketika kamu pergi dari sana dan bahkan berapa lama untuk sampai ke sana serta dengan moda transportasi yang mana.

Menurut Apple, daftar itu disimpan “untuk mempelajari tempat-tempat yang penting bagi Anda”. 

"Data ini dienkripsi dan disimpan hanya di perangkat Anda dan tidak akan dibagikan tanpa persetujuan Anda," kata Apple di situs webnya.

"Ini digunakan untuk memberi Anda layanan yang dipersonalisasi, seperti perutean lalu lintas prediktif, dan untuk membangun Kenangan Foto (Photo Memeries) yang lebih baik."

Apple tidak sendirian dalam melacak jumlah data lokasi seperti ini, Google juga melakukannya melalui daftar “Location History” yang bisa ditemukan di akun Google kamu. 

Seperti dilansir dari Scient Alert, untuk menonaktifkan fitur pelacakan lokasi di iPhone itu sebenarnya ada caranya.

Langkah pertama, kamu buka aplikasi Settings dan klik tab Privacy. Kemudian, klik pada pilihan pertama, “Location Services”. 

Di bawahnya, kamu akan menemukan daftar setiap aplikasi pada iPhone kamu dan jenis akses yang dimiliki oleh masing-masing ke data lokasi kamu. Tapi, abaikan saja yang ini.

Dari situ silakan kamu scroll ke bawah halaman dan temukan “System Services”. 

Selanjutnya, kamu akan menemukan daftar penuh layanan-layanan Apple built-in (yang disertakan di perangkat) yang memberi akses ke data lokasi kamu.

Beberapa opsi ini memerlukan lokasi kamu untuk penggunaan sehari-hari, seperti “Find My iPhone” dan berbagi lokasi. 

Tapi, di bagian bawah daftar ini, ada tab yang disebut “Significant Locations” yang memerlukan kata sandi kamu (atau sidik jari, atau Face ID) untuk mengaksesnya.

Setelah berhasil masuk, kamu akan menemukan riwayat komprehensif di mana iPhone kamu berada. 

Daftar ini diurutkan berdasarkan kota dan di bawahnya terdapat info lebih spesifik, seperti alamat tempat-tempat yang pernah kamu kunjungi.

Kemudian, berapa kali kamu pernah ke sana, tanggal tertentu (dan waktu) kamu di sana, dan berapa banyak waktu yang kamu habiskan di sana.

Sebelum kamu mematikan fitur ini sama sekali, jangan lupa untuk menghapus riwayat yang tersimpan di ponsel kamu. Opsi “Clear History" ada di bagian bawah daftar.

Langkah terakhir, kamu dapat menonaktifkan fitur “Significant Location” yang ada di bagian atas halaman. 

Apple mungkin masih memiliki akses ke sejumlah besar data kamu, tetapi setidaknya kamu sudah membatasinya untuk data-data yang lebih rinci mengenai keberadaan kamu. Selamat mencoba! (SBB.IN/*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top