Obat Alami Penurun Kolesterol Jahat, Konsumsi Sayuran Ini

 


INDEPHEDIA.com - Salah satu makanan yang bagus sebagai penurun kolesterol jahat alami adalah sayuran. 

Kolesterol jahat bisa menjadi salah satu penyebab penyakit jantung, penyakit yang menjadi penyebab utama kematian di dunia.

Memiliki kadar kolesterol yang tinggi, terutama kolesterol jahat, kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. 

Pola makan kita berkaitan erat pada peningkatan kolesterol jahat dan faktor risiko lainnya.

Berikut INDEPHEDIA.com rangkum sayuran penurun kolesterol yang bisa jadi obat alami melawan kolesterol jahat. 

Sayur-sayuran ini juga dapat menurunkan tingkat kolesterol dan faktor risiko lain untuk penyakit jantung.

1. Sayuran berdaun gelap

Menurut penelitian semua sayuran baik untuk jantung, dan sayuran hijau berdaun gelap sangat bermanfaat. 

Sayuran hijau gelap, seperti kangkung dan bayam, mengandung lutein dan karotenoid, yang terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Karotenoid bertindak sebagai antioksidan untuk menghilangkan radikal bebas berbahaya, yang dapat menyebabkan arteri mengeras. 

Sayuran hijau gelap juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Sayuran hijau gelap ini akan mengikat asam empedu dan membuat tubuh Anda mengeluarkan lebih banyak kolesterol.

2. Sayur-sayuran kaya pektin

Sayur-sayuran bagian penting dari makanan sehat untuk jantung karena kaya serat, antioksi dan rendah kalori yang diperlukan untuk menjaga berat badan serta penurun berat badan. 

Beberapa sayuran sangat tinggi pektin, serat bagus sebagai penurun kolesterol layaknya apel dan jeruk.

Sayuran yang kaya pektin, termasuk di antaranya okra, terong, wortel, dan kentang. 

Sayuran juga menghasilkan berbagai senyawa tanaman yang menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk perlindungan terhadap penyakit jantung.

3. Legum

Legum, juga dikenal sebagai kacang-kacangan, adalah kelompok makanan nabati yang mencakup kacang, kacang polong dan lentil. 

Legum mengandung banyak serat, mineral dan protein yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Mengganti beberapa biji-bijian olahan dan daging olahan di dalam makanan dengan kacang-kacangan, dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah tinjauan dari 26 studi terkontrol menunjukkan bahwa makan 1/2 cangkir (100 gram) kacang-kacangan per hari efektif menurunkan kolesterol jahat dengan rata-rata 6,6 mg / dl, dibandingkan dengan tidak mengonsumsi kacang-kacangan. 

Studi lain menghubungkan kacang-kacangan dengan menurunkan berat badan secara alami.

4. Bawang Putih

Manfaat bawang putih untuk kesehatan tidak diragukan lagi. Bawang putih telah digunakan selama berabad-abad sebagai bahan untuk memasak dan juga sebagai obat alami.

Bawang putih mengandung berbagai senyawa tanaman yang kuat, termasuk allicin, senyawa aktif utamanya. 

Studi menunjukkan, bawang putih menurunkan tekanan darah pada orang dengan kadar tinggi kolesterol dan dapat membantu menurunkan kolesterol.

5. Kacang Kedelai

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Meskipun hasil studi kadang tidak konsisten, tapi penelitian terbaru sangat positif. 

Sebuah analisis dari 35 penelitian mengaitkan kacang kedelai mampu menurunkan kolesterol jahat, serta peningkatan kolesterol baik.

Demikian beberapa sayuran penurun kolesterol jahat yang harus kita konsumsi. Meski tidak semuanya, salah satunya layak dicoba.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikannya ke keluarga, teman atau sahabat Anda. (SBB/IN/*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top