Dudley Castle, Kastil Terangker di Inggris: Penampakan Hantu Grey Lady

 
Grey Lady menampakkan diri tengah berdiri di pintu Dudley Castle (Sumber Foto: Dailymail)

INDEPHEDIA.com - Dudley Castle (Kastil Dudley) disebut-sebut sebagai kastil terangker di Inggris dengan cerita seramnya. 

Mitosnya, di kastil reruntuhan benteng di Kota Dudley, West Midlands, Inggris ini, sering terlihat penampakan hantu Grey Lady.

Sejarah Pembangunan Dudley Castle

Terlepas dari kisah horornya, Dudley Castle adalah bangunan bersejarah. Pembangunan kastil ini setelah penaklukan Normandia tahun 1066. 

Kastil tersebut awalnya dibangun dengan kayu oleh salah satu pengikut William Sang Penakluk, Ansculf de Picquigny, pada sekitar tahun 1070.

Selama berabad-abad, kastil mengalami sejumlah renovasi, diganti batu dan ukurannya pun membesar. 

Ratusan tahun kemudian, tempat itu menjadi markas kubu Royalis selama Perang Saudara di Inggris pada tahun 1642 hingga 1651.

Pada 1646, kastil itu pernah dikepung 2 kali sebelum dikuasai pasukan Cromwell. Selama Perang Saudara Inggris, Parlemen kala itu memerintahkan sebagian bangunannya dihancurkan. 

Sisa benteng yang masih tersisa terbakar pada tahun 1750. Pada abad ke-19 Masehi situs tersebut dianggap "Reruntuhan Romantis" (Romantic Ruin). Sejumlah bagiannya kembali dibangun.

Sejak itu, Kastil Dudley yang masuk dalam daftar Warisan Beresiko Inggris Bersejarah pada tahun 2020 ini, digunakan untuk acara-acara besar dan kontes. 

Area Kebun Binatang

Pada tahun 1937, Ketika Dudley Zoo didirikan, lapangan dalam benteng dijadikan area kebun binatang.

Dudley Zoological Gardens atau Kebun Binatang Dudley seluas 40 acre (16 ha) yang terletak di halaman Kastil Dudley.

Kebun binatang ini mulai dibuka untuk umum pada 18 Mei 1937 dan sampai saat ini. Dudley Zoological Gardens di waktu-waktu tertentu juga menyelenggarakan berbagai acara.

Penampakan Hantu Grey Lady

Dibalik nilai sejarahnya, di Dudley Castle berkembang mitos sering adanya penampakan hantu Grey Lady. 

Kabarnya, hantu itu memang kerap menampakkan diri dan tertangkap kamera pengunjung yang berkunjung ke sana.

Sejumlah cerita yang dipercaya masyarakat, sosok Grey Lady merupakan istri dari Lord Glamis VI, Janet Douglas. 

Ia dibunuh dengan dibakar hidup–hidup karena difitnah telah menggunakan ilmu sihir untuk membunuh Raja James V. 

Tapi, beberapa lainnya percaya kalau Grey Lady jelmaan dari Dame Sybil, perawat dari Ratu Elizabeth I.

Kisah lainnya menyebut, hantu itu adalah Dorothy Beaumont yang meninggal dunia bersama bayi perempuannya sesaat setelah melahirkan. 

Keinginan terakhirnya untuk dimakamkan bersama sang putri dan agar suaminya hadir dalam upacara pemakaman tak dipenuhi. Konon, karena itulah arwahnya gentayangan.

Soal siapa Grey Lady semasa hidupnya, yang jelas sosok ini dipercaya telah mendiami kastil tersebut selama berabad-abad lamanya.

Salah satu penampakan diduga Grey Lady yang sempat ramai diberitakan media massa terjadi pada bulan Oktober 2014 lalu.

Sepasang suami-istri (pasutri) asal Birmingham, Inggris, Dean dan Amy Harper, secara tak sengaja menangkap penampakan hantu wanita itu.

Saat sedang melihat foto-foto liburan mereka ke Dudley Castle pekan sebelumnya, pasangan Dean dan Amy Harper terkejut bukan alang kepalang.

Ternyata, mereka memotret penampakan sesosok hantu wanita berjubah abu-abu tengah berdiri di pintu kastil tua di Inggris tersebut. 

Penampakan diduga Grey Lady itu tertangkap kamera saat pasangan tersebut mengambil gambar halaman yang jadi atraksi turis. (*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top